Terapkan 7 Tips Mudah Ini Agar Video Tiktok Anda jadi FYP

Apabila Anda seorang content creator pasti ingin videonya viral bukan? Khususnya bagi pengguna media sosial tiktok. Semua orang selalu menunggu-nunggu kapan videonya bisa masuk FYP? Untuk mencapai hal tersebut tidak terlalu sulit. Ikuti saja tips dalam artikel ini maka video tiktok Anda jadi FYP.

Sebelumnya, apakah Anda tahu apa kepanjangan dari FYP? Singkatan itu kepanjangan dari "For You Page". Dimana video Anda nantinya akan muncul paling pertama saat para pengguna membuka aplikasi Tiktok. 
Apabila Anda seorang content creator pasti ingin videonya viral bukan? Khususnya bagi pengguna media sosial tiktok. Semua orang selalu menunggu-nunggu kapan videonya bisa masuk FYP? Untuk mencapai hal tersebut tidak terlalu sulit. Ikuti saja tips dalam artikel ini maka video tiktok Anda jadi FYP.  Sebelumnya, apakah Anda tahu apa kepanjangan dari FYP? Singkatan itu kepanjangan dari "For You Page". Dimana video Anda nantinya akan muncul paling pertama saat para pengguna membuka aplikasi Tiktok.
TikTok (https://newsroom.tiktok.com/in-id/for-you-page)


Pada halaman FYP banyak video rekomendasi yang bisa Anda tonton. Tak jarang pula para content creator tersebut akan lebih cepat terkenal dan viral. Hal itulah yang melatarbelakangi mengapa para pengguna berlomba-lomba membuat video semenarik mungkin.

Video yang masuk ke jajaran FYP itu berdasarkan tingkat kepopuleran dan algoritma dari Tiktok. Tidak ada satupun yang tahu persis bagaimana aturan mainnya. Namun ada sebuah tips dan trik khusus agar videonya cepat jadi FYP. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Artikel Menarik Untuk Anda:

Mengapa Influencer Penting dalam Dunia Digital ?

Perbedaan Influencer dan YouTuber: Apa Bedanya?

4 Ide YouTube Shorts yang Bikin Channel Anda Dikunjungi Banyak Orang

Tips Mudah Agar Video Tiktok Anda jadi FYP

Video Tiktok yang masuk ke halaman FYP adalah dambaan semua content creator Tiktok. Apapun cara akan dilakukan demi bisa menggapai hal itu. Entah  membuat video lucu, nyeleneh, dan di luar nalar. Tujuannya hanya satu,  ingin cepat terkenal dan bisa memperoleh cuan yang banyak.

Hal tersebut memang sah-sah saja. Akan tetapi para content creator juga harus tetap memperhatikan kelayakan isi konten yang diunggahnya. Agar hal tersebut tidak menimbulkan permasalahan ataupun pro kontra di kalangan masyarakat awam.

Kalau bisa buatlah konten yang mendidik dan bermanfaat bagi banyak orang. Biasanya video semacam itu lebih cepat viral dan sering masuk FYP. Itu tadi adalah salah satu tips yang bisa Anda coba. Sebenarnya masih ada yang lainnya. Penjelasan lengkapnya akan dibahas pada sub bab berikut.

  1. Buat Video Berdurasi Pendek

Cara pertama agar video Tiktok Anda jadi FYP adalah membuat video  berdurasi pendek. Pasalnya, para pengguna lebih menyukai tontonan yang singkat, padat, jelas, dan tidak bertele-tele. Kalau durasinya kepanjangan takutnya akan membuat penonton merasa bosan.

Biasanya video dengan durasi  panjang lebih sering kena swipe. Penonton akan beralih ke konten lain yang jauh lebih menarik dari sebelumnya. Hal semacam ini sudah bisa dipastikan akan menurunkan tingkat engagement video Anda.

Video berdurasi pendek bisa memberikan beberapa keuntungan. Seperti menambah followers,  cepat viral, dan yang terpenting lebih mudah masuk halaman FYP. Anda bisa bereksperimen membuat video panjang jika memang jumlah pengikut sudah lumayan banyak.

  1. Bangun Interaksi dengan Pengguna Lain

Awal-awal terjun ke  Tiktok pastikan Anda selalu membangun interaksi dengan pengguna lain. Mulailah memberi komentar atau like pada video  yang masuk halaman FYP. Hal ini bisa menjadi langkah pertama untuk Anda mendapatkan pengikut lebih banyak.

Dengan membangun interaksi sesama pengguna akan memungkinkan terjadinya timbal balik. Seperti akun Anda akan di follback, ada tambahan like, dan komentar. Kalau jumlahnya semakin banyak maka tidak mustahil salah satu video Anda bisa jadi FYP.

  1. Ikuti Video yang Sedang Trend

Cara satu ini pasti Anda sudah mengetahuinya. Dengan membuat video yang sedang trending adalah jalan tercepat untuk masuk ke halaman FYP. Anda hanya perlu menggunakan trik ATM. Tinggal amati, tiru, dan modifikasi.

Pilih salah satu video dari halaman FYP. Tonton berulang-ulang supaya  paham isi kontennya. Setelah itu buatlah video versi Anda sendiri dan lakukan sedikit perubahan. Cara ini biasanya sangat ampuh untuk meningkatkan traffic dan menambah followers.

  1. Posting Video di Waktu yang Ramai

Kalau ingin video Tiktok Anda dilihat banyak orang, sebaiknya pilih waktu posting saat jam ramai. Dimana ketika itu pengguna sedang aktif-aktifnya berselancar. Jam-jam ramai biasa disebut dengan istilah Tiktok prime time.

Tiktok prime time ada yang pagi, siang, sore, hingga malam hari. Untuk jadwal lengkapnya silakan simak daftar berikut.

  • Senin : Siang 14.00 WIB, Sore 18.00 WIB, dan Malam 21.00 WIB

  • Selasa : Siang 10.00 WIB, Sore 16.00 WIB, dan Malam 21.00 WIB

  • Rabu : Siang 11.00 WIB, Sore 19.00 WIB, dan Malam 20.00 WIB

  • Kamis : Pagi 06.00 WIB, Malam 21.00 WIB, dan Malam 23.00 WIB

  • Jum’at : Sore 16.00 WIB, Malam 24.00 WIB, dan Pagi 02.00 WIB

  • Sabtu : Pagi 06.00 WIB, Pagi 07.00 WIB, dan Malam 22.00 WIB.

  • Minggu : Pagi 03.00 WIB, Sore 18.00 WIB, dan Malam 19.00 WIB

  1. Buat Caption Pertanyaan

Agar video Tiktok Anda jadi FYP, buatlah  caption yang menarik. Pancing interaksi audien dengan membuat sebuah pertanyaan. Biasanya trik ini ampuh sekali  menarik perhatian para penonton supaya mau ikut berkomentar.

Jangan asal-asalan dalam menulis caption. Pastikan setiap kata yang Anda tulis mewakili isi videonya. Misalnya konten tersebut membahas tentang cara memasak nasi goreng. Maka contoh caption-nya “Apa saja resep  yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng?”

Manfaatkan jumlah karakter yang ada sebaik-baiknya. Semenjak Bulan November 2021, pihak Tiktok telah mengubahnya menjadi 300 karakter yang awalnya hanya 100 karakter. Kesempatan ini akan membuka peluang bagi para content creator agar bisa menulis caption sekreatif mungkin.

  1. Gunakan Audio yang Sedang Viral

Video yang masuk deretan FYP biasanya didukung dengan penggunaan backsound musik yang sedang viral. Cara ini termasuk paling mudah dan tidak sulit dilakukan oleh content creator pemula. Musik yang selalu viral di Tiktok itu biasanya bergenre pop, dangdut, atau koplo.

Untuk tahu musik apa saja yang sedang viral itu mudah sekali. Pertama pengguna  masuk ke akun Tiktok lalu tinggal mengeceknya di halaman FYP. Di sana Anda bisa menemukan berbagai macam jenis musik yang paling sering digunakan oleh pembuat konten. 

  1. Gunakan Hastag Paling Populer

Dengan penggunaan hastag populer di Tiktok tidak menutup kemungkinan video Anda  masuk FYP. Meskipun sedikit mempengaruhi, tetapi jangan terlalu berlebihan. Sesuaikan saja jumlahnya dan pastikan sesuai dengan isi video Anda.

Adanya hastag juga memudahkan para pengguna mencari video yang disukainya. Biasanya yang sering dipakai itu #fyp, #fypindonesia, #foryourpage, dan #bestvideo. Apabila Anda ingin videonya cepat viral bisa menambahkan sekumpulan hastag tadi.

Kesimpulan

Semoga 7 tips yang sudah dipaparkan tadi bisa membuat video Tiktok Anda jadi FYP. Kalau memang belum rezekinya terus berusaha dan jangan berputus asa. Terus tingkatkan kualitas video Anda dengan sering melakukan evaluasi secara bertahap.(Indriani)


Posting Komentar untuk "Terapkan 7 Tips Mudah Ini Agar Video Tiktok Anda jadi FYP"