Syarat Monetisasi YouTube Terbaru dan Cara Mengajukannya

YouTube merupakan tempat berbagi video online yang memiliki jutaan pengguna dari seluruh dunia. Bukan sebagai platform tontonan saja. Bisa juga menjadi wadah untuk mencari penghasilan tambahan. Akan tetapi pengguna harus memenuhi syarat monetisasi YouTube terlebih dahulu.

Disini kamu bisa mencari uang tanpa perlu menjual produk. Melainkan hanya membuat postingan video menarik dan unik. Sebelum mengunggahnya, pengguna wajib mempunyai channel YouTube sendiri. Untuk tutorial pendaftarannya bisa kamu cari di internet. Sudah banyak artikel yang membahasnya.

Cara mengajukan monetisasi YouTube itu tidak terlalu sulit. Tergolong sangat mudah jika Anda tahu ilmunya. Sebelum masuk ke pembahasan itu, pertama-tama ketahui dulu apa itu monetisasi? Supaya Anda jadi lebih paham mengenai arti kata tersebut.
Syarat Monetisasi YouTube Terbaru dan Cara Mengajukannya (Pexels/Szabó Viktor)


Setelah berhasil membuat channel, langkah selanjutnya tinggal mengupload video original yang merupakan karya Anda sendiri. Pastikan dari segi visual dan audio terlihat menarik. Agar orang yang menonton merasa betah dan tidak akan berpindah ke channel lain. Dan hal ini bisa membuka peluang untuk mendapatkan subscribers sebanyak-banyaknya.

Apabila jumlah subscribers sudah banyak, maka channel Anda berpeluang ke terima monetisasi. Lantas, bagaimana proses pengajuannya? Daripada Anda penasaran silakan langsung simak penjelasan lengkapnya pada sub berikut.

Baca Juga: 10 Peluang Bisnis Online Menguntungkan: Penghasilan Dari Internet

Syarat Memonetisasi YouTube Terbaru

Cara mengajukan monetisasi YouTube itu tidak terlalu sulit. Tergolong sangat mudah jika Anda tahu ilmunya. Sebelum masuk ke pembahasan itu, pertama-tama ketahui dulu apa itu monetisasi? Supaya Anda jadi lebih paham mengenai arti kata tersebut.

Melansir dari beberapa sumber, monetisasi adalah cara atau proses menghasilkan uang lewat konten yang diunggah ke platform YouTube. Pada intinya setelah video Anda diposting dan ditonton banyak orang nantinya bisa menghasilkan pundi-pundi dolar.

Tetapi sebelum itu harus memenuhi sejumlah persyaratan monetisasi channel yang sudah ditentukan oleh pihak pengembang.  Apabila tidak melewati tahapan tersebut bisa dipastikan dolar tak kan masuk ke saldo Paypal Anda. Maka dari itu penuhi syarat-syarat berikut ini.


  1. Channel YouTube Memiliki 1000 Subscribers

Syarat pertama yang wajib Anda penuhi jika ingin diterima monetisasi adalah memiliki jumlah pengikut minimal 1000 subscribers. Dan pastinya akun yang mengikuti harus pengguna aktif dan real human. Dimana orang tersebut selalu setia menonton setiap postingan video Anda.

Apabila ditemukan pengguna fiktif atau akun robot, siap-siap  pihak YouTube akan menonaktifkan monetisasi channel Anda. Dan otomatis Anda pun tidak lagi memperoleh penghasilan. Jadi lebih amannya dapatkan subscribers dengan cara organik. Bukan dari membeli atau menggunakan alat bantu aplikasi pihak kedua.


  1. Sudah Mencapai 4000 Jam Tayang

Syarat yang kedua menuntut pengguna mendapatkan 4000 jam tayang selama 12 bulan terakhir. Ini merupakan persyaratan kunci agar channel Anda ke terima monetisasi. Waktu tayang yang dimaksud adalah durasi yang dihabiskan penonton ketika menonton video Anda di semua saluran. 

Mencapai 4000 jam tayang memang tidak mudah. Tetapi Anda jangan pesimis dulu. Kuncinya adalah upload video sebanyak mungkin dan berdurasi panjang. Semakin banyak konten yang Anda punya akan mempercepat proses monetisasi. Lakukan secara konsisten dan pastikan selalu upload video setiap hari.


  1. Hindari Komentar Spam

Syarat ketiga ini yang paling penting dan tak boleh Anda langgar. Hindari memberikan komentar spam agar tidak mendapatkan rating buruk. Dikarenakan komentar spam bisa mempengaruhi penilaian pihak YouTube terhadap suatu channel apakah layak diterima adsens atau tidak.

Selain menghindari komentar spam, pastikan akun google adsens Anda valid. Dan tentunya harus aktif serta mematuhi setiap kebijakan yang telah ditentukan. Hal ini demi memudahkan channel mendapatkan penghasilan dari penayangan iklan.


  1. Konten Anda Harus Sesuai Dengan Kebijakan YouTube

Syarat yang terakhir ini tak kalah penting karena berhubungan dengan konten. Sebab termasuk kunci utama yang menentukan channel Anda bisa diterima  atau tidak. Video yang diunggah harus memenuhi kebijakan dan monetisasi YouTube sebagai berikut.

  • Konten tidak boleh melanggar hak cipta.

  • Dilarang mengunggah konten berisi kekerasan, pelecehan, diskriminasi, atau materi yang tidak pantas. 

  • Konten harus transparan dengan memuat deskripsi dan meta data secara jujur dan akurat.

  • Pastikan konten memenuhi persyaratan usia dan mematuhi pembatasan peraturan di wilayah Anda.




Cara Mengajuan Monetisasi YouTube

Sekarang Anda sudah tahu kan syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi. Selanjutnya mari belajar tentang cara mengajukan proses monetisasi YouTube. Ikuti langkah-langkah berikut agar Anda tidak melakukan kesalahan saat mempraktikkannya nanti.

  1. Pertama, masuk ke akun YouTube Anda.

  2. Kedua, cari menu “profil” lalu klik “YouTube Studio” untuk proses pengajuan monetisasi.

  3. Ketiga, pada menu sebelah kiri pilih menu “earn” atau “monetisasi”.

  4. Keempat, jika channel Anda sudah memenuhi syarat langsung saja klik “Daftar Sekarang” atau “Sign Up Now” yang ada di bagian bawah menu “earn”.

  5. Kelima, tinggal mengaktifkan iklan di video Anda sesuai dengan panduan.

  6. Keenam, proses telah selesai dan Anda berhasil melakukan monetisasi.

Tips Membuat Konten yang Bisa Diterima Monetisasi

Apakah channel Anda sulit diterima monetisasi? Jangan berkecil hati dan patah semangat. Mungkin saja belum ke terima karena Anda melakukannya secara asal-asalan. Coba terapkan tips berikut supaya konten Anda cepat dimonetisasi.


  1. Buat Video Berdurasi Panjang

Tips yang pertama buat video berdurasi panjang agar channel kamu cepat diterima monetisasi. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan jam tayang lebih banyak dan berkontribusi menambah jumlah subscribers. Jangan lupa juga pastikan kualitas video tidak kaleng-kaleng dan memiliki daya tarik tersendiri.


  1. Lakukan Riset Keyword Terlebih Dahulu

Sebelum menggugah video sebaiknya kamu meriset keyword terlebih dahulu. Tujuannya tidak lain agar memudahkan audien menemukan video Anda dalam kolom pencarian. Maksimalkan penggunaan kata kunci pada bagian judul dan deskripsi. 


  1. Rutinlah Mengunggah Konten

Kalau Anda ingin mempercepat proses monetisasi maka harus rutin menggugah konten YouTube. Sebisa mungkin upload minimal satu video dalam satu hari. Semakin banyak yang Anda unggah membuka kesempatan mendapatkan jam tayang jadi lebih banyak. 


  1. Jangan Membuat Konten yang Dilarang YouTube

Sekarang ini pihak YouTube begitu selektif dalam menyeleksi video milik content creator. Ada berbagai macam alasan yang bisa membuat konten Anda terkena teguran. Misalnya melanggar hak cipta, mengandung hal kotor, dan lain-lain. Dalam membuat konten Anda harus lebih berhati-hati dan jangan sampai melanggar kebijakan YouTube.


  1. Bergabunglah Dengan  Creator Academy

Ingin menghasilkan konten yang berkualitas tinggi? Cobalah bergabung dengan komunitas resmi YouTube bernama Creator Academy. Disana Anda bisa belajar banyak hal dan mendapatkan insight terbaik dari sesama pengguna.

Baca Juga: 7 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube dengan Mudah

Kesimpulan

Ketika sudah memenuhi syarat monetisasi YouTube di atas tak perlu takut lagi yang namanya penolakan. Dijamin pasti ke terima  dan channel Anda bisa langsung menghasilkan. Pada intinya content creator tinggal mengikuti peraturan  dan tidak melakukan pelanggaran apapun. 


2 komentar untuk "Syarat Monetisasi YouTube Terbaru dan Cara Mengajukannya"

Comment Author Avatar
Untuk syaratnya lumayan berat juga yaa, tapi memang harus diperjuangkan biar bisa monetisasi. Salam kenal sebelumnya, ditunggu kunjungan ke blog saya ya
Comment Author Avatar
Ya begitulah, harus berusaha ekstra keras...