4 Ide YouTube Shorts yang Bikin Channel Anda Dikunjungi Banyak Orang

YouTube Shorts merupakan salah satu fitur di YouTube yang bisa dinikmati oleh semua orang. Kalau Anda kerap bermain Instagram, TikTok atau Facebook, pasti tak asing dengan fitur video berdurasi pendek ini karena cara kerjanya yang mirip. Dari fitur ini, Anda dapat menikmati berbagai konten video berdurasi lebih pendek daripada konten video YouTube biasa. 

Karena kepraktisannya, tak sedikit influencer yang mulai beralih ke YouTube Shorts untuk menarik audiens baru dan meningkatkan brand-nya. Kalau Anda termasuk salah satu influencer yang ingin memperluas jangkauan audiens channel Anda, tak ada salahnya mencoba fitur YouTube ini.

YouTube Shorts merupakan salah satu fitur di YouTube yang bisa dinikmati oleh semua orang. Kalau Anda kerap bermain Instagram, TikTok atau Facebook, pasti tak asing dengan fitur video berdurasi pendek ini karena cara kerjanya yang mirip. Dari fitur ini, Anda dapat menikmati berbagai konten video berdurasi lebih pendek daripada konten video YouTube biasa.   Karena kepraktisannya, tak sedikit influencer yang mulai beralih ke YouTube Shorts untuk menarik audiens baru dan meningkatkan brand-nya. Kalau Anda termasuk salah satu influencer yang ingin memperluas jangkauan audiens channel Anda, tak ada salahnya mencoba fitur YouTube ini.
4 Ide YouTube Shorts yang Bikin Channel Anda Dikunjungi Banyak Orang (https://www.pexels.com/photo/browsing-youtube-5077064)


Apa Itu YouTube Shorts?

Youtube Shorts adalah fitur di YouTube yang bisa dimanfaatkan oleh kreator YouTube untuk mengunggah video berdurasi pendek. Fitur ini memiliki fungsi menampilkan video layaknya video TikTok maupun reels Instagram. Hanya saja, video YouTube Shorts tidak akan menghilang dari channel Anda setelah diunggah. 

Sedangkan panjang video yang disarankan untuk YouTube Shorts hanya 15 sampai 60 detik saja. Jika Anda mencari media untuk berpromosi yang praktis tanpa harus membuat video berdurasi panjang, fitur video pendek dari YouTube ini merupakan pilihan tepat.

4 Ide Youtube Shorts yang Bikin Channel Anda Banyak Pengunjung

Walau durasi videonya pendek, bukan berarti Anda tak bisa menyampaikan pesan atau promosi yang diinginkan kepada para audiens. Anda harus mencari ide video yang kreatif sehingga mampu menarik perhatian banyak audiens. 

Masalahnya, terkadang mencari ide baru untuk Youtube Shorts terbilang susah apalagi kalau tidak mengikuti perkembangan tren media sosial. Solusinya yakni dengan mencari tema video YouTube yang sekiranya mampu menarik perhatian para audiens. Apa saja contohnya?

Berbagi Tips Singkat

Berbagi tips merupakan tema video yang paling banyak dibagikan oleh influencer saat ini. Apalagi bila Anda menguasai ilmu atau wawasan tertentu maka bisa membagikan pengetahuan tersebut kepada para followers. Tema tips yang dibagikan pun beragam bisa disesuaikan dengan tema video yang sedang tren saat ini atau berdasarkan pengalaman pribadi. 

Menariknya, Anda tak perlu menjadi ahli dari tips yang akan dibagikan. Sepanjang tips yang dibagikan bermanfaat, niscaya video YouTube Shorts Anda akan menarik perhatian dari niche tips tersebut. Seperti beberapa ide video pendek berikut ini misalnya:

  • Tips menyantap makanan tertentu atau cara memasak hidangan populer.

  • Tips mengukur bahan-bahan bangunan atau tips membangun rumah yang murah.

  • Cara memainkan game online atau berbagi tips strategi bermain game yang lebih mudah.

  • Cara mencari uang secara online atau melamar pekerjaan yang kerap berhasil.

Tips-tips di atas merupakan ide YouTube Shorts yang kerap dicari oleh penonton. Semakin sering berbagi konten video pendek di atas, maka Anda akan dianggap ahli dan dipercaya oleh para penonton. 

Q & A dengan Para Followers

Kerapkali pemilik bisnis berskala kecil atau influencer menerima banyak pertanyaan yang sama perihal bisnisnya. Untuk menghindari hal tersebut berulang terus menerus, tak ada salahnya menjawab pertanyaan tersebut dalam bentuk sebuah video. Anda dapat membagikan video Q&A tentang:

  • Awal mula bisnis dijalankan.

  • Karakteristik produk Anda.

  • Harga produk yang ditawarkan.

  • Lokasi bisnis Anda.

  • Kebijakan dalam pemesanan produk Anda, dan lainnya.

Keuntungan dari membuat video YouTube Shorts seperti ini adalah Anda bisa membagikan link video tersebut apabila ada audiens yang ingin tahu perihal bisnis Anda di kemudian hari.

Mungkin menarik untuk anda baca:

7 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube dengan Mudah

Mengapa Influencer Penting dalam Dunia Digital ?

Apa Itu Influencer? Pandangan Mendalam tentang Peran dan Pengaruh Mereka

Berbagi Review Produk

Ide video pendek lainnya yang berpeluang banyak diminati adalah video review produk. Video ini bisa berupa testimonial setelah Anda memakai produk tertentu atau perbandingan antara satu produk dengan produk lainnya. Review produk yang dibagikan bisa berupa review gadget, kosmetik, bahan dan peralatan memasak hingga material pakaian. 

Video Aktivitas Sehari-hari

Terakhir, Anda dapat membuat video YouTube Shorts bertema aktivitas sehari-hari. Aktivitas yang dilakukan bisa berupa kegiatan rutin, masalah sehari-hari atau solusi dari permasalahan sehari-hari. Jika merasa kehidupan Anda menarik untuk dibagikan kepada audiens, tak ada salahnya mengunggah video pendek seperti ini di channel Anda.

Penutup

Masih banyak lagi ide video pendek YouTube yang dapat Anda coba saat ini. Untuk membuat video tersebut tak membutuhkan perlengkapan kamera yang mahal, karena bisa menggunakan kamera handphone saja. Cukup pilih salah satu ide YouTube Shorts di atas dan mulailah perjalanan Anda menjaring lebih banyak followers YouTube. (Chris Setyaningrum)

Posting Komentar untuk "4 Ide YouTube Shorts yang Bikin Channel Anda Dikunjungi Banyak Orang"