Rekomendasi 5 Media Sosial yang Paling Ideal untuk Jualan Online

Media sosial menjadi sarana promosi bisnis online yang lumrah dipakai saat ini. Selain mudah penggunaannya, media sosial juga mampu menjangkau semua kalangan. Wajar jika banyak pebisnis yang memilih berpromosi melalui media sosial dibandingkan cara konvensional seperti iklan TV atau koran.

Keunggulan lainnya dari media sosial untuk berjualan adalah keleluasaan memilih target pasar produk Anda. Hanya dengan mengunggah promosi melalui media sosial, Anda dapat menjangkau target pasar tanpa membutuhkan modal besar. Tentu saja Anda harus jeli dalam memilih media sosial yang digunakan agar promosi benar-benar efektif.

Media sosial menjadi sarana promosi bisnis online yang lumrah dipakai saat ini. Selain mudah penggunaannya, media sosial juga mampu menjangkau semua kalangan. Wajar jika banyak pebisnis yang memilih berpromosi melalui media sosial dibandingkan cara konvensional seperti iklan TV atau koran.  Keunggulan lainnya dari media sosial untuk berjualan adalah keleluasaan memilih target pasar produk Anda. Hanya dengan mengunggah
Rekomendasi 5 Media Sosial yang Paling Ideal untuk Jualan Online (Pixabay: https://www.pexels.com/photo/apps-business-cellphone-cellular-telephone-533446)


5 Rekomendasi Media Sosial yang Ideal untuk Jualan Online

Sebenarnya ada banyak media sosial yang menjadi media berjejaring masyarakat saat ini. Namun, tidak semua media sosial cocok untuk berjualan online. Sebagian platform sosial media ini cocok sebagai mini jurnal, sedangkan lainnya cocok untuk berpromosi, seperti beberapa media sosial ini contohnya:

1. Facebook

Facebook termasuk salah satu platform media sosial yang memiliki jumlah pengguna terbanyak saat ini. Sejak kehadirannya pada tahun 2005 lalu, Facebook terus berkembang mulai dari platform untuk berjejaring sosial hingga menjadi platform berjualan. 

Untuk mendukung penggunanya, Facebook menyediakan beberapa jenis akun yang dapat dibuat secara gratis. Termasuk di dalamnya akun bisnis, komunitas hingga layanan beriklan. Menariknya, Anda dapat bergabung di platform marketplace tersendiri di dalam Facebook yang digunakan untuk berjualan secara online.

2. Instagram

Kemudahan dalam memajang foto dan video di Instagram menjadikannya sebagai media sosial yang ideal untuk berpromosi. Platform sosial media ini banyak digunakan oleh kalangan anak muda dengan fitur-fitur yang menarik. Termasuk salah satunya fitur reels yang mampu menampilkan video pendek berdurasi terbatas.

3. TikTok

TikTok awalnya hanya menyediakan konten video pendek untuk bersenang-senang saja. Sekarang, TikTok menjadi salah satu platform yang paling banyak dipakai oleh UMKM untuk berjualan layaknya marketplace. Kepopuleran TikTok bahkan sempat menggeser Instagram sebagai media sosial yang digemari oleh para influencer dan kaum muda.

4. Lemon8

Lemon8 hadir sebagai platform alternatif untuk mengunggah foto layaknya Instagram. Platform Lemon8 ini merupakan media sosial terbaru yang diciptakan oleh ByteDance, pendiri TikTok. Di dalamnya, pengguna dapat mengunggah berbagai foto, panduan perjalanan hingga resep masakan. 

Untuk memperkenalkan aplikasi ini ke masyarakat luas, Lemon8 bahkan pernah menawarkan pembayaran bagi influencer yang mengunggah konten di aplikasinya. Tentu saja influencer akan menerima pembayaran apabila konten yang diunggah sesuai dengan pedoman Lemon8.

5. Pinterest

Seperti Instagram, Pinterest juga menjadi platform yang menyajikan konten berupa gambar. Seiring dengan bertambahnya pengguna Pinterest, platform ini pun kerap dimanfaatkan untuk berpromosi berbagai produk hingga panduan perjalanan. Keunggulan dari Pinterest untuk berpromosi adalah pengguna bisa mendesain visualisasi yang menarik untuk mencuri perhatian calon konsumen.

Artikel Rekomendasi:

8 Peluang Bisnis Online Terbaik untuk Menghasilkan Uang dari Internet

6 Strategi Sukses Berjualan Online yang Bisa Meningkatkan Pendapatan Anda

10 Peluang Bisnis Online Menguntungkan: Penghasilan Dari Internet

Penutup

Memilih Media Sosial untuk Berjualan Tak Bisa Sembarangan
Meskipun semua platform media sosial di atas dapat digunakan berjualan secara gratis, sebaiknya jangan sembarangan saat memilihnya. Pasalnya, setiap platform media sosial memiliki pasar pengguna yang berbeda. Tugas Anda sebagai pemilik bisnis online adalah memilih platform sosial media yang sesuai untuk target berjualan.

Pertimbangkan target konsumen produk Anda dan pilih media sosial yang banyak dipakai oleh target tersebut. Sebagai contoh, apabila Anda mengincar pasar anak muda, maka TikTok, Lemon8 dan Instagram bisa menjadi pilihan tepat. Tak ketinggalan pula pertimbangkan skala bisnis Anda dalam memilih platform media sosial yang tepat untuk berjualan. 

Jika bisnis Anda masih berskala kecil, maka Instagram, Pinterest dan Facebook bisa jadi pilihan ideal. Dengan menyesuaikan target pasar dan skala bisnis, niscaya jualan di media sosial bisa lebih optimal tanpa harus menghabiskan banyak modal.(Chris Setyaningrum)





Posting Komentar untuk "Rekomendasi 5 Media Sosial yang Paling Ideal untuk Jualan Online"